Liputan6.com, Jakarta - Bagi kamu yang bergelut di bidang pemasaran, teknologi, dan riset, tentunya tak asing dengan istilah big data.

Big data adalah konsep pengelompokan atau pengumpulan data dalam skala besar, yang terdiri dari berbagai macam jenis data, meliputi data terstruktur, semi terstruktur, dan tidak terstruktur. Menurut pemaparan platform pendidikan online Refocus, dikutip Rabu (16/11/2022), manfaat big data pun kini makin luas, di mana bisa dirasakan di berbagai bidang, mulai dari bisnis, transportasi hingga pendidikan.

Dalam media sosial, penggunaan big data yang dimanfaatkan pelaku usaha adalah data aktivitas pengguna di media sosial, seperti jumlah like, komentar, dan sebagainya. Data tersebut banyak digunakan untuk memutuskan akan membuat atau menghadirkan produk apa ke pelanggan serta sebagai bahan pertimbangan dalam memasang iklan dan membuat kampanye pemasaran.

Manfaat big data di bidang transportasi adalah memudahkan pengguna untuk mengetahui dan mengunjungi suatu lokasi yang mungkin asing.  Salah satu aplikasi yang bisa jadi contoh big data di bidang ini adalah online maps yang menggunakan data dari citra satelit terkait pengelolaan wilayah.

Alhasil, pengguna bisa melihat daerah yang sedang macet di Maps dan membuat penunjuk arah untuk pergi ke lokasi tertentu dengan mudah.

Source link :

https://www.liputan6.com/tekno/read/5126700/manfaat-big-data-dan-perkembangannya-di-indonesia

 

Categories: